CLASS DAN OBJEK
Class
adalah
blueprint dari object.
Object dibangun berdasarkan class
Objek adalah perwujudan dari class. Dimana dia memiliki jendela dan pintu yang sama dengan yang ada di blueprintnya.
PROPERTIES DAN METHODE
Misal : Objek Kucing
Properties
: sifat atau ciri yang
melekat
pada suatu objek.
Contoh : warna bulu, umur kucing, warna mata, dsb.
Contoh : warna bulu, umur kucing, warna mata, dsb.
Method : kemampuan atau kebiasaan yang melekat pada suatu objek.
Contoh : mencakar, berlari, bermain, dsb.
ENCAPSULATION
Sebuah motor
telah dikemas
sedemikian
rupa sehingga
penggunanya
dapat menyalakan
motor tersebut tanpa harus tahu proses apa yang terjadi di dalamnya.
Demikian pula halnya dengan konsep OOP,
script dapat dibungkus
dalam suatu
class, dan
class tersebut
dapat digunakan
oleh siapa saja tanpa harus mengetahui
proses di dalam
class tersebut.
POLYMORPHISM
Polymorphism
adalah kemampuan
untuk mempunyai
beberapa
bentuk yang
berbeda,
namun memiliki
fitur yang
sama.
Perhatikan suatu SPBU, setiap pompa memiliki fitur yang sama yaitu meteran pompa, selang dan gagang pompa. Pompa tersebut dapat melayani berbagai bentuk mobil menggunakan fitur yang sama.
INHERITANCE
Dalam kehidupan sehari-hari mungkin kita sering mendengar kata “pewarisan”. Dimana seorang anak bisa mengadopsi sifat atau perilaku dari induknya.
Begitupula dengan OOP, terkadang ada beberapa class yang memiliki
sifat atau perilaku
yang sama, maka kita bisa menggunakan
konsep pewarisan
ini.
Belum ada tanggapan untuk "MENGENAL OBJEK ORIENTED PROGRAMMING (OOP) PADA JAVA"
Post a Comment